Psykotest

beberapa hari yang lalu, gue baru aja ngelakuin test psykologi..
namanya Psykotest..

FYI alias for your information guys, psykotest ini adalah sejenis test psykologi untuk mengetahui minat dan bakat seseorang itu dimana.
karena banyak kasus "salah jurusan"




ketika kuliah diakibatkan seseorang tidak mengetahui minat dan bakatnya sendiri.

dalam psykotest kita akan diberi soal-soal yang beragam macamnya, dari padanan kata, menentukan bentuk ruang, numerik, dan sebagainya.
nah nanti dari hasil test ini psikolog bisa melihat sebenernya minat dan bakat kamu ada dimana.

guys, penting banget buat kita ngejalanin yang namanya psykotest terutama buat kamu kamu yang sama sekali gatau minat dan bakat kamu itu apa. karena ketika kita menjalankan sesuatu sesuai dengan yang namanya passion alias minat kita, kita akan lebih semangat dan siap menempuh studi di bidang tersebut ga peduli sberapa susah tugas-tugas dan pelajarannya.

seperti kata om albert einstein, "sukses itu komposisinya 1% bakat dan 99% minat".

so, guys... ga usah takut kalau misalnya kamu ga punya bakat di bidang yang kamu sukai, karena bakat itu hanya penunjang, mempercepat kamu dalam belajar sesuatu yang jadi bakat kamu.
tapi, hal ini ga akan berpengaruh besar ketika temen-temen ga menyukai apa yang menjadi bakat temen-temen. makanya om albert nekenin banget nih sama kata-kata MINAT.

kenapa?? why???
karena itu tadi kalau kamu udah suka sama suatu hal, seberat apapun tugasnya, sesulit apapun pelajarannya kamu akan melakukannya dengan senang hati alias sesuai passion.

nah sob, kembali lagi ke topik awal kita tadi, ngerti kan sekarang kenapa kita perlu dan kudu tahu apa minat dan bakat kita??

nah setelah kita tahu apa passion kita, yang perlu kita lakukan berikutnya adalah mengkomunikasikan ke orang tua kita. karena kadang orang tua bisa menjadi penghalang terbesar.
kenapa gue bilang begitu, ini bukan berarti selalu terjadi looh..

penting banget sob buat mengkomunikasikan apa yang menjadi minat kita ke orang tua, karena kadang ada orang tua yang menginginkan hal yang berbeda dari apa yang jadi minat kita.
kadang ada sebagian orangtua yang masih berpikir bahwa sukses itu ketika si anak menjadi dokter, ato arsitek dan sejenisnya.

satu hal sob yang gue dapetin pas gue psykotest kemaren yang paaaaliiinggggg penting, tante psikolog itu bilang begini, "studi itu bukan tentang apa yang harus kamu lakukan, tapi ini tentang apa yang mau kamu lakukan".

maksudnya, sobat jangan pernah sekali-kali melakukan sesuatu yang menurut orang harus kalian lakukan, karena apa yang menjadi pandangan orang dan apa yang menjadi harus atau penting bagi orang belum tentu sama buat sobat, walaupun kita perlu juga sekali-kali bertanya ke orang-orang yang sobat percaya tentang apa sih sebenernya yang jadi minat sobat, karena kadang orang lain lah yang bisa menilai kita.

tapi jangan jadikan penilaian orang sebagai patokan paling besar, karena kembali lagi tanya ke diri sobat sendiri apa sih sebenernya yang saya mau?? apa sih sebenrnya yang menjadi minat saya??

selanjutnya, kalau sobat udah tahu nih dan udah yakin sama minat sobat, sobat harus bisa meyakinkan orang-orang di sekeliling sobat terutama ke-2 orangtua sobat bahwa minat sobat ini adalah jalan menuju kesuksesan dan sobat akan bersungguh-sungguh menjalankannya.

jangan lupa, kalian harus cari info sebanyak-banyaknya tentang minant kalian, misalnya jurusan di kuliah yang bisa menunjang apa yang jadi kinat kalian, terus lapangan kerja yang sesuai sama minat kalian daaan yang paliing penting lagi, SELALU SEMANGAT MENJALANI APA YANG MENJADI MINAT KAMU SSOOOOOOB.....


Postingan populer dari blog ini

Watch Online & Free Download "SHOW ME THE MONEY Season 4"