"Test Drive" Yuk (Day 1)

Dari judulnya aja....
Postingan gue kali ini terdengar seperti jargon iklan sebuah produk yang sempat populer di telinga, walaupun gue lupa itu iklan tentang apa....

Jadi kali ini gue pengen bikin cerita bersambung tentang pengalaman yang baru-baru ini gue rasakan, mumpung masih anget-anget tai kucing ini cerita makanya buru-buru gue tulis.
Lagi-lagi ini tentang pengalaman gue sehari-hari.

Jadi, sebenernya dari beberapa hari yang lalu gue di rumah. gue sibuk merengek minta belajar bawa mobil.

Alesannya (?)


1. Penasaran
2. Pingin bisa, soalnya adek gue udah bisa
3. Ditambah pengalaman sering jalan bareng temen-temen alumni gue, bikin gue bener-bener   penasaran cara bawa mobil yang baik dan benar itu seperti apa.

Banyak yang bilang, mendingan kalau mau belajar bawa mobil belajarnya langsung ke tempat kursus mobil aja, selain ga bakalan dimarah-marahin (soalnya katanya kalo keluarga sendiri yang ngajarin bakalan sering dimarahin gitu ... tapi, pengalaman gue enggak tuh XD), belajar di kursus mobil kita bakalan sekalian dapet paket langsung urus SIM, jadi lebih gampang. selese belajar eh, langsung dapet SIM.

Buat gue (?)

Dari pada gue abisin uang buat latihan di tempat kursus, mending gue manfaatkan sumber daya manusia yang ada di sekitar gue (red : bokap dan adek gue) GRATIS TIS TIS TIIISSS.
Belajarnya pun bisa kapan aja dan waktunya lebih fleksibel, jadi menyesuaikan ama jadwal gue yang padet banget liburan ini gitu...
ya padet tidur-nya lah,
ya padet santai-nya lah,
ya padet nonton TV nya lah,
ya padet ngenet-nya lah,
ya padet nonton kshow online-nya lah
ya padet birrul walidain-nya lah (Cieee yang sekali-kali rajin bantuin orang tua XD),
heuuhh pokoknya pdet banget deh.. ^ ^

Paan sih biq, bokis parah loe... 
Sok sibuk banget dah loe...

Awalnya, niatnya gue semenjak adek gue mulai libur, which is mulai sabtu minggu lalu, gue niatnya pingin segera tuh cus belajar bawa mobil, lumayanlah di sela-sela waktu libur semesteran dia yang cumen seminggu, kan kalo di padet-padetin belajar bawa mobil, bisalah ya seminggu belajar gue bisa muterin komplek rumah gue ahahahah..
Tapi, apalah daya ( T T ) hiks hiks hiks
Untung tak dapat di raih malang tak dapat ditolak, begitulah kata peribahasa......
Niatnya untung dia libur jadi bisa ngajarin gue bawa mobil, malangnya pas pulang cesss langsung aja dianya kena cacar, kesian kesian kesian (iramanya ala Ipin).
Ya terpaksalah bujang yang satu itu sama sekali ga boleh kena angin malam, ga boleh keluar rumah dan segudang ke-tidak boleh-an bagi orang yang terkena sakit cacar.

Terpaksa deh acara belajar mobilnya di tunda dulu, nunggu instrukturnya sembuh cacar dulu..

Day by day, akhirnya itu sakit cacar udah mendingan, udah masuk posisi anti-klimaks deh tuh kayaknya, cacarnya udah pada mulai menetas (dah macam anak ayam aja menetas segala), tinggal ngurusin si bopeng-bopengnya, badannya juga ga panas lagi, singkatnya dia sudah dalam tahap pemulihan.

Trus gue malah curcol tentang kondisi kesehatan adek gue ahahahahhahaahhaah....

Jadi, karena kondisi kesehatan adek gue sepertinya sudah mulai membaik, mulailah desiran rengek-an gue yang sempat tertunda pingin belajar mobil itu balik lagi..
Kebeneren hari ini bokap gue pulang cepet dan beliau udah ongkang-ongkang dari siang di rumah.

Gue merasa seperti di beri sinyal ama ALLAH buat belajar mobil...

Trus gue nya aja yang ke-ge er-an, padahal orang kantoran emang udah masuk hari-hari libur akhir tahun makanya pada udah libur..

Jadilah gue bikin perjanjian ama adek gue, abis magrib pokoknya kita latian bawa mobil TITIK ga pake koma atawa tanda seru apalagi tanda tanya maupun tanda kutip, dianya pun menyanggupi. Berbunga-bungalah hati gue, yesss bentar lagi bakalan belajar bawa mobil (yeayyyyyyyy).

Sorenya, pulang bokap gue nyuci-nyuci,
ya nyuci sepeda ontel-nya,
ya nyuci vespa-nya,
ya service vespa kecil-kecilan-nya,
ya nyuci motor nyokap gue (nyokap gue nyambi ya),
ya nyuci mobil-nya
akhirnya gue minta ijin ke bokap gue buat pinjem mobil mau belajar abis magrib ama adek gue.

Tak dinyana bokap gue malah ngelarang, katanyalah adek gue masih belom sembuh, ga boleh kena angin malem dan seterusnya dan seterusnya. tak pelak protes pun langsung meluncur dari mulut gue...

AELAAAHHHHH ..

Kata bokap gue, belajar mobilnya kan bisa entar-entar, adek gue masih sakit ini.
Tapi gue nya yang udah kepalang tanggung sedih dan pantang menyerah pokoknya mau belajarnya sekarang, langsung bilang ke bokap gue, tapi kan apis (adek gue punya nama niiihh :)) nya bentar lagi di rumahnya, abis itu dia dah mesti balek asrama lagi.

Ibarat pucuk di cinta ulam pun tiba, akhirnya bokap gue malahan yang bersedia buat ngajarin gue bawa mobil...

^ ^ SENENGNYAA ^ ^

Gapapa dah ga adek gue yang ngajarin, kalo yang akhirnya ngajarin gue masternya adek gue.
Okay langsung cus duduk di depan kemudi...

STEP BY STEP..

Dari bokap gue buat hari ini adalah belajar bagaimana mengenal tombol tombol yang super banyak yang ada di mobil, yang ada di panel di depan supir plus tombol-tombol disekitarnya.
Seperti, apa kegunaan kopling, rem, gas serta gigi mobil yang ada 6 itu.

Pokoknya gue masih belom boleh yang namanya ngejalanin itu mobil, pelajari aja itu semuanya baik-baik dulu, biar setidaknya waktu prakteknya ga kaget dan lebih bisa mengontrol.

-First lesson- 
Dalam keadaan mesin mobil yang masih mati, gue disuruh belajar tentang gigi mobil, bagaimana memindahkan gigi mobil dari gigi susu ke gigi dewasa, eh maksudnya dari gigi satu..
lanjut ke gigi dua..
gigi tiga...
gigi empat..
gigi lima..
serta gigi untuk memundurkan mobil.



Kata bokap gue, gue disuruh ngerasa-rasain dulu, lancarin dulu cara mindahin giginya, nyoba mindahin dari gigi satu ke gigi lima lah, dari gigi tiga ke gigi satu lah, pokoknya lancarin itu dulu, ga usah mikirin yang macem-macem, ga usah buru-buru karena buru-buru adalah sifatnya syaithon (nah loh jiwa-jiwa anak pesantren nya mulai keluar dah)

-Second lesson-
Setelah gue mematenkan diri bisa mindah-minahin gigi dengan lancar, lanjooottttt cara belajar nyalain mobil.
Yak, putar kunci sampe mesinnya nyala, tidak boleh berlebihan, karena nanti jadinya ngerusak dinamo apa semacamnya. diperlukan kehati-hatian yang ekstra ya ternyata dalam mempelajari seluk beluk permobilan ini.



-Third lesson-
Setelah berhasil menyalakan mesin mobil, selanjutnya belajar mengenal tiga komponen utama yang bakalan sering kita injek-injek untuk mengendalikan si kuda besi ini, yak ini dia si trio apapun itu namanya..

KOPLING  REM  GAS

Apa kegunaannya serta bagaimana penerapannya dalam kehidupan bermobil sehari-hari..



KOPLING -- > dia ni ibarat pintu masuk dari semua permulaan kita pada saat menyetir (aduh, maap ya bahasanya kadang bercampur sedikit melayu, maklum efek belakangan sering nontonin Lesti, Ati 'kodong' ama Shiha plus keseringan denger komentarnya Mami ama kak Ros ahahahah, yang gatau mereka siapa, silahkan lah di googling).

Okeh, back to kopling tadi, dia tuh kayak start nya kita, sebelum mulai menjalankan mobil, injek kopling, barulah boleh masukkan gigi satu. 
Ingat, saat memulai berkendara, gigi harus ada di posisi gigi satu.
Si kopling ini berguna juga sebagai pen-stabil (EYD apalah ini) saat berkendara dan yang musti diinjak saat akan melakukan pergantian gigi mobil.

REM --> kalo rem you all know lah ya fungsinya jadi apa. Rem itu berfungsi sebagai perlambatan ato untuk menghentikan laju kendaraan kita, saat dirasa harus berhenti ato terasa terlalu kencang, maka injaklah rem.

GAS --> (bukan gas elpiji loh ya maksudnya) ini dia nih pemeran utama nya, yang menentukan cepat ato lambatnya laju sebuah mobil. Dalam menginjak gas, kita tuh harus pake perasaan, 
lambat-lambaaaatttt..
halus-haluuuusss pas nginjek pedal yang satu ini, karena kalo kita nginjeknya without feeling yang pas, bisa-bisa pas baru pertama nginjek itu mobilnya langsung loncat, literally loncat..

Inget ya gengs, kita mau berkendara di di jalanan biasa, 
bukannya mau off road

Jadilah semalem suntuk gue belajar bagaimana menginjak gas yang baik dan benar, menginjak dengan penuuuuhh perasaan, dapetin dulu feel nya, setelah dapet feel nya mulai deh gue mencoba menstabilkan injekkan gas gue, mulai dari naikkin ke posisi 2 pelan-pelan dan halus, lalu naik 2,5 trus balik ke 1,5 gimana caranya supaya pas menurunkan gas dari 2,5 ke 1,5 gue nya ga kehilangan tekanan terhadap gas itu.

Setelah berletih-letih riaa belajar menginjakkan gas dan melepas kopling yang baik dan benar, akhirnya gue mendapat apresiasi juga dari adek gue, katanya lumayanlah udah ada perkembangan. 

ALHAMDU.. LILLAH

Cerita belajar bawa mobil gue hari ini baru aja nyampe sini, besok lagi ya kita sambung ceritanya pas gue udah ngelanjutin sesi belajarnya :D

-to be continued-


                                                                                                     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

di-TANYA-i

I'm dying to sounds like a London-ers