City of Motion

Tada.....

First term at my college part is end..
Now we gonna face the new semester with new spirit and of course the new assigments...

Before at my first term, we just passed "seni rupa" and "pengars or pengantar arsitektur", two lesson with too many things to do...
Now at second term we gonna face "tekomars or teknik komunikasi arsitektur" with bigger SKS and and more assigments..

Di tekomars ini kami dituntut untuk bisa bekerjasama dengan teman satu jurusan dan juga dari jurusan yang berbeda atau yang biasa di sebut tugas kolaborasi.

Tugas kolaborasi pertama antara ars interior dan ars adalah "City of Motion"..
what exactly are this things??




City of Motion atawa yang kami singkat dengan CoM adalah tugas kolaborasi untuk membuat sebuah maket kota tapi harus bebahan kardus dan bertemakan motion.

Apa sih motion itu?
Nah itu jadi tugas pertama sebelum kami mulai ke tahap selanjutnya.
Motion disini itu tidak hanya terbatas pada arti katanya yaitu gerakan, tapi lebih kepada apa sih gerakan itu? bagaimana ciri dari sebuah kota yang katanya "kota gerak" itu??

Nah di pertemuan selanjutnya, kami pun berdiskusi tentang hasil observasi kami.
Dari diskusi itu kami pun sepakat motion yang akan kami tonjolkan pada maket kali ini adalah pada kemudahan pergerakan dalam kota seperti jalanannya dan kemudahan akses terhadap fasilitas-fasilitas publik seperti rumah sakit, sekolah dan sebagainya.

Masih di hari yang sama kami pun membentuk tim yang akan menyusun maket plan CoM. Ini dilakukan agar tidak usah terlalu banyak kepala yang terlibat, jadi temen yang bukan tim bisa berkontribusi menyumbangkan ide melalui temen-temen yang jadi tim.

Esoknya di hari studio tekomars maket plant pun sudah jadi dan sudah di setujui oleh para fasilitator, bagian-bagiannya pun sudah ada, tinggal mengundi kelompok mana yang mendapat bagian apa dan seterusnya.
Namanya juga tugas kolaborasi, artinya dalam satu tim nanti yang akan mengerjakan 50x50 cm maket harus terdiri dari minimal 2 ars dan 1 interior atau sebaliknya 2 interior dan 1 ars.

Deadline untuk tugas kali ini, semenjak pentuan bagian-bagian per tim nya berarti ada 5 hari (kamis, jum'at, sabtu, minggu, senin) dan selasa pagi jam 9 udah harus jadi dan sudah di susun di EC alias engineering center.

Suasana studio langsung rame karna setiap kelompok pingin gercep (gerak cepet) ngerjain tugas ini. Tugas ini itu termasuk tugas yang rumit karena harus berkoordinasi dan tidak boleh ada yang namanya misscomunication, karena kalau sampe kejadian, tugas ini bisa berantakan, jadi antar kelompok harus bisa menjaga komunikasi yang baik. Tugas ini tidak hanya akan dikerjakan oleh kelompok yang sudah ada tapi harus bisa berkoordinasi dengan kelompok lain. Seperti jalan, otomatis semua kelompok jalan harus berkoordinasi dengan baik agar ketika maket disatukan nanti jalannya bisa terhubung.
Jadi, kita itu kayak lagi bikin puzzle 3 dimensi raksasa.

Supaya kami jadi lebih semangat bikin maketnya, kami pun satu angkatan sepakat untuk mengerjakan maket bersama-sama pada hari sabtu-minggu di lobby K.

At least, hari H pun datang..
Pagi-pagi buta temen-temen yang maketnya belom selese udah pada berdatangan, entah itu yang datengnya pagi-pagi ataupun yang belom pulang alias nginep.


Ini nih suasana pagi-pagi H-1,5 jam sebelum presentasi...

TENG TONG..
Tepat pukul 9 para fasil tekomars ars dan ars interior pun tiba, setelah pengambilan absen, sekitar pukul setengah 10, presentasi pun dimulai.

Presentasi kami dimulai dengan penjelasan dan penjabaran secara umum tentang maket city of motion, keunggulannya jika kita tinggal di kota tersebut dan apa unsur motion yang kami ciptakan dalam maket ini.
Selanjutnya setiap kelompok diberi waktu maksimal 5 menit untuk mempresentasikan bagian masing-masing.




Setelah semua kelompok presentasi di depan para fasil dan temen-temen semua, selanjutnya giliran para fasilitator yang memberikan komentar dan feedback atas tugas pertama kami...

Alhamdulillah para fasilitator cukup mengapresiasi karya kami dan memberi pujian-pujian diantaranya, maket kami sudah lebih baik dari tahun sebelumnya dari segi ukuran dan skala.
trus bagunannya inovatif sekali, inspirasinya bagus-bagus.
Tapi, ya namanya juga pemula, baru juga masuk semester 2, para fasil pun memberikan masukan-masukan.

Setelah semua fasil selesai memberi komentar, lalu bu Doti salah satu fasil paling senior bilang gini, " o y, maket kalian jangan di apa-apain dulu, karena kita akan pamerankan disini sampai hari kamis".
Waahh, sumpah kita semua pada seneng!!!!!!!
Abo sebagai ketua kelas langsung membagi shift jaga pameran, takutnya ntar ada yang tertarik dan nanya-nanya tentang tugas ini.

Dari tugas ini ada beberapa hasil refleksi diri yang bisa disimpulkan:

1.      Dalam satu tim, kita harus bisa menyatukan beberapa kepala menjadi satu pemikiran yang sama dan dapat menekan ego masing-masing individu dan menerima hasil diskusi kelompok.

2.      Koordinasi itu penting, bukan hanya dalam satu kelompok saja tapi juga berkoordinasi dengan kelompok lain agar hasil yang didapatkan bisa bagus dan maksimal.

3.      Sebuah maket yang baik harus ada manusia sebagai tolak ukur maket tersebut.

4.      Sangat penting dalam sebuah tatanan kota untuk membedakan mana yang merupakan kawasan padat (ada industri, mall, pertokoan, dsb) dan mana yang menjadi kawasan renggang (perumahan, taman kota, dsb), karna hal itu akan sangat mempengaruhi psikologi penduduk di dalamnya.


5.      Dalam membuat maket, eksplorasi bahan itu sangat penting agar kita bisa mendapatkan struktur yang diinginkan dan bisa mengkomunikasikannya dengan lebih baik.



"GALERI CITY OF MOTION"












Komentar

  1. karya-karyanya keren biiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiq.. aku suka aku suka :3

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

di-TANYA-i

My kind of Idul Adha's Holiday (Pt.2)