Tips menghadapi berbagai karakter dosen

Hai hai agan dan aganwati sekalian...
hari ini gue balik dengan cerita baru..

hari ini gue pingin bahas satu topik yang kadang-kadang bikin para mahasiswa gedeg.
yaitu dosen...

sering banget gue denger mahasiswa yang bilang gini ke temennya,
"aelah.. itu mah emang lo nya yang beruntung dapet dosennya buk/pak *****, lah gue dapetnya si kileer buk/pak ^^^^^"
yakin deh kalo temen-temen adalah mahasiswa pasti juga sering banget denger kalimat itu, ato bahkan pernah bilang langsung???


fenomena dosen ini emang jadi salah satu momok paling menakutkan di perkuliahan, apalagi pas jaman- jamannya musti ngisi IRS ato KRS.




euuhhhhh, males banget deh, cumen bisa milih kelas tanpa tahu siapa dosennya, kayak milih kucing dalam karung.
kalau beruntung, lo bisa aja tiap hari telat kuliah tapi tetep dapet A..
tapi kalo lagi ga beruntung?? walaupun udah ngerjain tugas yang seabrek-abrek tetep aja paling banter juga dapet B, karena ini pernah banget kejadian di gue..
ee maksudnya di kelas gue dan yang ngalamin itu temen gue.

gills, kurang pinter ama rajin apalagi coba dia??
di kelas selalu merhatiin, dateng ga pernah telat, duduk paling depan, rajin nanya, tugas ga pernah ga dibikin, trus kalau kelas udah selese nih, dia pasti nyamperin dosen gue dan nanya ini-itu yang kadang gue sama sekali ga ngerti dia ngomong bahasa apa tuh ama dosen gue...

tapi apa yang terjadi agaaannnnn??
nilai akhirnya buat makul 'serem' itu cumen B.. kenapa gue bilang cumen, soalnya buat ukuran dia yang udah serajin itu yang ga pernah absen dapetnya B.

itulah dia agan dan aganwati fenomena dosen gue..

dosen itu juga manusia dengan segala macam karakternya..
ada yang akademis banget, tugas lo quiz lo ujian lo itulah tolak ukur nilai lo di dosen..
ada yang paling penting absen lo full, masalah tugas woles aja lah...
ada juga yang penting lo aktif di kelas, mo aktif nanya kek, mo aktif presentasi kek, yang penting lo aktif, karena si bapak/ibu dosen itu punya catatan nama mahasiswa mana aja yang aktif di kelasnya.
yang paling parah kalau dapet dosen makul eksakta yang musti banget ngerti, malah dosennya yang ga bisa ngajarin..
ada yang cumen ngandelin slide ppt punya beliau aja, jadi ibarat kata nih, lo pasang headset apa kagak, yang dia omongin ya cuman kata-kata di slide,
ada juga yang baik yang berusaha ngajarin dan ngasih contoh-contoh yang banyak tapi kadang emang mahasiswa yang jaringan 3G nya ga bagus, emang tetep juga kagak ngerti...

yang paling lucu, temen gue pernah cerita, dosen olahraga dia pernah bilang kayak gini di depan kelas..
"ini password account saya, kalian buka sendiri ntar kalian isi sendiri nilai kalian.."
what the.... o_O
ya banget deh temen gue itu beruntung banget..
ga bakal dong disia sia-in itu kesempatan....

ahahhahah.. bener bener beraneka ragam deh jenis-jenis dosen..

tapi dari pengalaman yang selama ini gue rasain ya mau gimana lagi..
mau protes kalau misalnya dapet dosen yang killer?? ya itu sih terserah lo kalo lo berani..
mau bersyukur?? pastinya.. apalagi kalau dapet dosen dengan kriteria dan pamor yang baik.

nah temen- temen gue ngasih beberapa tips yang mungkin berguna buat kalian:

  • kalo misalnya dapet dosen yang killer, ya kalian harus pandai-pandai aja, ikutin aja aturan maen beliau, karna kita sebagai mahasiswa, hidup satu semester kita bergantung sama beliau. jangan sampe kita di black list ama itu dosen, syukur-syukur lo cumen ketemu dia sekali itu, lah kalo lo ketemu dia di makul yang lain gimana? karena di beberapa kasus dosen killer, gue dapet bocoran nih, justru beliau-beliau ini lebih inget sama mahasiswanya yang pemales daripada yang rajin.
  • kalo misalnya nih kayak yang gue bilang di awal tadi, yang dapat dosen eksakta tapi ga terlalu bisa ngajar. hal yang lumrah kan di perkuliahan ada mahasiswa yang masuk kelas dosen lain, nah temen-temen bisa manfaatin tuh, buat masuk kelas dosen yang punya pamor pinter ngajar. 
  • trus kalau dapet dosen yang jenisnya ga killer ga baik, tapi hmmm agak freak. itu mah justru yang paling mudah ditanganin. biasanya beliau-beliau ini udah bilang dari awal kriteria penilaiannya kayak apa... nah tinggal diikutin aja deh....

oke agan agan sekalian, sekian dulu cerita gue hari ini tentang dosen..
intinya ga ada dosen yang niatnya ga baik, sebenernya niat beliau-beliau ini baik, cumen kadang cara pengekspresiannya aja yang berbeda beda... ^ ^


Komentar

Postingan populer dari blog ini

di-TANYA-i

My kind of Idul Adha's Holiday (Pt.2)