My kind of Idul Adha's Holiday (Pt.1)

Berkumpul bareng keluarga di momen-momen penting pasti merupakan kebahagiaan tersendiri buat setiap orang, berkumpul bareng orang yang disayang. Momennya bisa macem-macem, misalnya aja kayak Idul Adha ato Idul Fitri. 2 hari raya besar umat islam yang masing-masing datengnya cumen 1 kali setahun.

Tapi apalah daya, kadang bahkan untuk bisa berkumpul di 2 momen hari besar umat Islam ini nampaknya bagi sebagian orang susah untuk diwujudkan.
Kalau ngomongin Idul Fitri sih, Insya Allah hampir, hampir lohhh, seluruh orang berkumpul bareng keluarga tercinta, apalagi kondisi mendukung, semua anggota keluarga libur dan ada tradisi yang cumen ada di Indonesia yaitu MUDIK.

Nah kalo Idul Adha, sering sekali terlewatkan tanpa berkumpul dengan keluarga tercinta, entah karena alesan pekerjaan, kuliah ato karena tidak adanya libur yang lumayan panjang. Mau pulang ke kampung kok rasanya nanggung karena cumen sehari. Akhirnya terpaksalah sebagian besar dari kita merayakan momen Idul Adha di rantau. Contohnya adalah gue....

Sebagai mahasiswi yang kuliah jauh dari orang tua, kalau udah ngomongin yang namanya Idul Adha ato Lebaran Haji, pasti ujung-ujungnya ga bakalan tuh ada dalam list yang namanya pulang ke rumah. ya sudah, direlakanlah menghabiskan lebaran ini di kos.
Tapi, Idul Adha tahun ini memberikan gue pengalaman baru, yang biasanya habis merenungi nasib di kos ato pulang ke rumah sodara di Jakarta, dihabiskan dengan trip bareng temen-temen alumni SMA gue.

Cerita bermula dari abis gue pulang Jogja maren itu, efeknya semenjak itu kami (red : Alumni SMA gue di Depok) jadi sering ngumpul. entah buat nonton bareng, makan bareng ato saling mengunjungi kosan, pokoknya jadi sering ngumpul lah intinya. Akhirnya tercetuslah ide, "eh, gimana kalo lebaran haji besok yang deket-deket weekend kita pake buat trip agak jauh bareng-bareng?", langsung saja dengan gampang diamiini oleh kami. Entah mungkin karena emang lagi butuh liburan, entah karena emang udah pada niat akhirnya ide ini pun lancar dan mulus diwujudkan.

Setelah bicara sana dan sini serta cari-cari info, akhirnya kami memutuskan untuk jalan ke PANGANDARAN, "The Grand Canyon of Indonesia" begitu julukannya.
Total awak perjalanan kali ini adalah 8 orang.

Para awak perjalanan ini
Depan : Gue
Tengah : Putri, Ami, Fuji
Belakang : Aulia, Irin
Plus 2 cowok yang punya jobdesk tambahan jadi supir; Imad dan Zikry

Jadi, Selepas Zuhur di hari Idul Adha disepakati lah perjalan panjang menuju Pangandaran dimulai. Berbekal GPS ditangan karena gag ada satupun dari kami ber-8 yang tau jalan ke Pangandaran. Udah deh, pokoknya Bismillah aja entar juga nyampe ahahahahah...

Sepanjang perjalanan di awal, thanks to Irin dan Aulia yang bawa flashdisk dan menyelamatkan kami (khususnya gue) dari perjalan yang membosankan. Jadilah kami yang ciwi-ciwi 6 orang dan menduduki spot tengah dan belakang sibuk "Karaoke-an".

Setelah jalan lumayan lama, jadi inget tadi kan banyak yang pada belom zuhuran sebelum berangkat, akhirnya kami nyari rest area terdekat buat ishoma (istirahat, sholat plus makan buat yang laper. Gara-gara tahun ini lebaran di kos, jadi dari pagi gue cumen sempet sarapan teh doang (curcol dikit boleh lah ya.. ) jadilah rest area sebagai tempat pelampiasannya...
Lepas segala kewajiban, seperti sholat dan makan, kami pun lantas melanjutkan perjalanan yang belom seberapa itu. Berbekal GPS dari hapenya Imad, perjalanan pun dilanjutkan...

Jaauuhhh, semakiinn jaauuhhh, mulai keluar tol dan memasuki area yang sama sekali ga kita kenal, lagi-lagi sejauh ini semua masih bergantung ama GPS hapenya Imad. Sebenernya di titik itu gue udah mulai ga yakin ama itu GPS, tapi kata GPS nya kita ga tersesat ya sudah lanjut.
Naaahhh, di ujung jalan yang semakin menanjak itu ternyata sedang ada pesta rakyat yang super duper rame, bahkan kami yang gatau menau itu ada acara apa karena cumen pingin numpang lewat, dengan begonya pas disuruh bayar karcis ama si tukang parkir disana, ya dibayar aja. Kirain bisa lewat gitu, abis GPS nya bilang bisa.

Ternyata setelah tanya sana sini, ujung dari area itu adalah jalan buntu. Dulunya sih emang bisa mobil lewat situ kalo mau ke Pangandaran tapi sekarang udah gabisa. Dalam hati sebenernya gue merutuki GPS nya Imad, karena kata orang-orang yang tau jalan, kita udah salah jalan jauuuuhhh banget. Ditengah kesesatan dan kekesalan kami terhadap GPS yang tidak berfungsi dengan baik, akhirnya cumen bisa di-husnudzon-in aja, mungkin itu GPS nya belom update jalan baru, mungkin itu GPS nya udah ilang sinyal entah sejak kapan, dan mungkin mungkin yang lain nya..

Perjalanan pun akhirnya dilanjutkan, tapi kali ini kita super duper kapok ngandelin yang namanya GPS, enough!!! our relationship end till here, yang paling gampang dan terpercaya ya udah kita mutusin untuk sering berhenti dan nanya orang-orang sekitar aja biar ga tersesat lagi.
Ini nih ternyata implementasi dari pepatah "malu bertanya sesat di jalan" terbukti adanya.

Karena hari sudah semakin sore dan ada beberapa temen-temen yang tadi lupa menjamak sholat ashar ke zuhur, akhirnya kamipun memutuskan untuk berhenti sejenak di masjid terdekat.

Another, "but first let us take a wefie"

Perjalanan pun dilanjutkan lagi, setelah tanya sani sini lagi di setiap persimpangan atau setiap kita ngerasa ragu ama jalannya dan melalui jalan yang bener bener jelek dan berdebu karena sudah terlalu lama tidak dibasahi air hujan, kami pun sampai di sebuah jalan besar yang menurut hasil tanya-tanya itu adalah jalan yang benar dan masih harus menempuh sekurang kurangnya 4-6 jam perjalanan lagi.
Sempet berhenti untuk sholat magrib, gue penasaran ama bau-bauan aneh yang ada di sekitar area mesjid, kok kayak bau bau darah gitu ya (?), hemmm jadi inget ini kan masih hari lebaran dan wajar banget ada bau darah, mungkin tadi siang di area itu dijadikan tempat penyembelihan hewan kurban.

Selepas sholat magrib plus jamak isya, perjalanan pun dilanjutkan. Tak terasa setelah perjalan yang cukup panjang itu, perut pun mulai terasa keroncongan, cacing cacingnya udah pada minta makan (XD), sebelum terlalu jauh memasuki daerah yang mungkin bakalan mulai sulit nyari makan, kami pun memutuskan untuk singgah di sebuah rumah makan ala sunda yang ada di pinggir jalan, yang mau makan langsung pesen, yang belom laper ya sudah bungkus aja nasinya.

Kenyang abis makan, wefie lagi deh, sekalian nyari
poto buat masukin ke Path ahahahhahahah..

*baru nyadar, itu kenapa mulut gue mayun-manyun gitu deh
(-__-)"

Jalan lagi, perut kenyang, pikiran pun sudah mulai hilang (red : ngantuk maksudnya brooohhh), para pejuang pun mulai berguguran, mulai mengatupkan mata satu persatu, untung aja supir nya ga ikut terserang virus ngantuk yang bener-bener gampang menular. Gue salah satu dari segelentir orang di mobil yang masih bangun dan bikin keributan biar sopirnya ga ngantuk.

Setelah perjalanan yang (lagi-lagi) tersesat, ngikutin konvoi mobil orang, nanya bapak-bapak yang lagi ngeronda, ngelewatin jalan yang ga ada lampu jalannya, ngelewatin lubang-lubang yang besar dan dalam, sampe akhirnya gue ga inget apa-apa karena udah ketiduran, sekitar pukul 2 dini hari (kayaknya) kami pun sampai di sebuah kawasan pantai, karena gue ga inget nama pantainya dan coba tanya-tanya ama yang ikut trip, kayaknya kami malem itu nyampe di
"KAWASAN PANTAI BARAT PANGANDARAN"...
Kami pun memutuskan untuk istirahat di area parkir pantai, maklum budget minim kalo musti nginep di penginapan.

Seperti pengalaman yang sudah sudah sebelumnya, kalo udah di posisi mobil berhenti dan yang lain bobok, tiba-tiba ngantuk gue kok jadi ilang aja. Beruntung banyak personil yang masih bangun, jadilah gue bisa killing the time by joking around. Lelah bercerita gue pun pindah lokasi ke warung yang ada di pinggir pantai. Ternyata di sana sudah ada Imad dengan secangkir kopi dan kertas-kertas bill yang lagi sibuk dihitungin. Kesel karena ngeliat dia ga juga selesai ngerangkum itu bill, gue dan putri pun langsung mengambil alih tugas yang Alhamdulillah cepet selesai. Lanjut cerita-cerita lagi tapi yang ini lebih serius, kalo kata anak-anak so(k) muda di mobil, kami (gue, aul, imad dan putri) itu di sebut golongan tua, kita ber-4 yang paling tua dan seumuran. Mulai dari ngomongin yang ringan-ringan kayak ch*ki sampe omongan serius seperti
"kita abis ini mau ngapain yak?"
"kira-kira mau dibawa kemana masa depan kita?"
blah blah blah dan sebagainya, pembicaraan yang semakin pagi semakin serius.

Menjelang pagi, karena emang tujuan bermalan di pantai (lagi-lagi) buat liat sunrise, ternyata di dekat situ ada mobil yang sedang terjebak di pasir. PERINGATAN penting buat temen-temen yang mau bawa mobil dan berwisata ke area pantai, jangan pernah bawa mobil terlalu dekat ke pantai karena struktur dari pasir pantai itu sendiri yang bersifat "menghisap" sehingga ketika mobil kita terperosok atau terjebak di pasirnya sangat sulit untuk keluar. Jadilah sembari menunggu sunrisenya muncul, kami pun berusaha membantu mendorong mobil tersebut keluar dari "hisapan" pasir yang sungguh sia-sia hingga membuat mesin mobil sangat panas. Melalui inisiatif salah satu pengunjung agar menggunakan tali tambang. Mobil itupun ditarik keluar dari pasir dengan bantuan tarikan dari mobil lain di ujungnya, dan Alhamdulillahnya metode terakhir ini berhasil mengeluarkan si mobil dari perangkap pasir pantai.

Yaiy, perjalan pun dilanjutkan lagi ke destinasi selanjutnya. Menurut hasil tanya-tanya lagi dari bapak ibu yang ada di sekitar pantai, si "Grand Canyon" yang menjadi main destination kita ini, areanya sudah dibuka sekitar pukul 8/9 pagi.
Setelah sampai di area parkir, ternyata karena kami datang di hari Jum'at, jadi area nya baru dibuka sekitar jam 1 siang, kalau kita datang di hari lain jam 8/9 pagi area itu memang sudah buka, kata pemandu turnya sih kita bisa di anter ke basecamp dan istirahat dulu disana menjelang jam 1 siang.

FYI guys, waktu itu baru jam 9.30 kebayang ya berapa lama kami musti nunggu..
Tapi gapapa dari pada gatau musti kemana dan yang lainnya kayaknya masih capek banget, jadi mendingan kitanya pada istirahat di basecamp mereka sembari nunggu jam 1. Diantar oleh pick up dari touring nya kami pun berangkat menuju basecamp yang terletak tidak jauh dari area tempat kami akan berpetualang nanti (sihaaaaa... ).

Bosen ya baca tulisan gue mulu dari tadi (?)
Sini biar ga bosen tak kasih foto kita sebelum jalan naik